Friday, April 23, 2004

:: Learn from Nature.....

Tadi pagi dalam perjalanan menuju kantor gua lewatin sawah, kebetulan rumah gua di pinggirian kota, jadi masih bisa liat sawah ladang dalam perjalanan pulang atau pergi ke kantor. Gua liat petani yang lagi menanam padi, masih pagi dengan cuaca agak agak mendung tapi mereka sudah bekerja menanam padi.. gua jadi inget sama kata kata Aaron Weber waktu ketemuan di jakarta rabu kemaren, kurang lebih intinya gini: you must give to recieve. Nothing good will given to you easily, you can't just stay still and waiting for someone who willing to give that to you. You must put effort on it. Nothing good comes in an easy way..
Sama seperti yang gua liat tadi pagi, di saat orang mungkin masih bermalas malasan buat pergi, para petani udah ada di sawah, membajak sawah, menanam padi, kalau di pikir lagi buat menghasilkan sekarung beras aja itu di perlukan proses panjang.. ga bisa mengharapkan hari ini di tanam besok langsung bisa dapet berasnya, tapi butuh proses.. dari menyemai bibit, membajak, menanam, memberi pupuk, menjaga dari serangan hama dan lain sebagai nya baru bisa panen..
Banyak yang bisa kita pelajari dari alam dan sering kita lupakan, learn from nature.. pernah ga sih kita menyesal wah seharusnya dulu gua melakukan hal ini, dulu gua harusnya bekerja lebih keras, dulu harusnya begini begitu.. pernah ga kita amati perjalanan hidup kita sebetulnya seperti petani yang menanam padi itu? Ada saat nya kita harus menyemai bibit, kemudian ada saatnya membajak sawah, mengairi sawah, menanam padi, menjaga dari serangan hama, sampai tiba saat nya untuk menuai mendapatkan hasilnya. Coba kita bayangkan kalau satu step aja kita lewatkan begitu saja.. atau di saat harus membajak kita malas ah ga usah di bajak aja langsung tanam aja, saat musti di beri pupuk kita malas ah ga usah di kasih pupuk toh dia masih tumbuh biarin aja.. apakah hasil panen yang nanti kita dapat akan sebaik yang kita harapkan? Semua langkah yang di lakukan oleh petani untuk menanam itu memang harus di lakukan mau tidak mau untuk mendapatkan hasil yang baik juga pada saat yang tepat, jangan sampai saatnya menuai kita baru memberi pupuk, sudah tak ada gunanya lagi kalau begitu.. Do the right thing on the right time..saat menyemai kita menyemai .. saat membajak kita membajak.. mungkin ada hal hal yang tidak bisa kita kendalikan misalnya tiba tiba ada hujan badai yang menghancurkan sawah kita sehingga panen gagal.. tapi secara garis besar jika kita melakukan langkah langkah untuk bercocok tanam dengan sebaik baiknya kemungkinan besar kita akan mendapatkan hasil panen yang bagus.. Tentukan tujuan yang akan kita capai. Lalu apa saja yang harus kita lalukan untuk mencapai tujuan tersebut..kemudian kerjakan sesuai dengan langkah yang ada . apa yang kita tabur.. itu yang kita tuai..Pernah ga kita terapkan dalam hidup kita hal seperti itu? satu yang selalu gua inget, semua hal baik yang kita kerjakan tidak ada yang sia sia...mungkin tidak dalam waktu instant bisa kita lihat hasilnya.. it takes time.. sama seperti menanam padi.. hari ini kita tanam ga mungkin kita mengharapkan panen besok..

No comments: